Tentang Baca Bata



Selamat datang di portal Baca Bata (bacabata.com)!

Bacabata.com adalah sebuah platform terbuka yang menampilkan tulisan-tulisan dengan napas ilmu sosial, agama, sastra, dan pengetahuan umum. Kami membuka kesempatan kepada teman-teman untuk mengirimkan karyanya untuk dapat dimuat di portal ini dengan fee seadanya (untuk sementara, karena portal ini masih baru dan sumber pendanaan berasal dari kantong pribadi, per-tulisan hanya diberi imbalan sebesar Rp.50.000).

Kami menerima hampir semua bentuk tulisan, dengan rincian sebagai berikut:

- Karya nonfiksi (esai, opini, feature, resensi, catatan perjalanan, dll)
- Artikel tentang ilmu-ilmu sosial (misalnya antropologi, budaya, pemikiran, sejarah, dll)
- Tulisan tentang agama (Islam atau agama apa pun)
- Motivasi (self help, parenting, dll)
- Cerpen
- Puisi (kirim minimal tiga dalam satu fail, maksimal sepuluh)
- Artikel ringan populer (tips dan trik, life hacks, fakta-fakta menarik, dll)
- Sastra anak (dongeng, cerpen anak, puisi anak)

Tidak ada syarat dan aturan teknis mengenai tulisan yang teman-teman bisa kirimkan, selain:

- Karya yang dikirim harus asli dan belum pernah dipublikasikan dimana pun, termasuk web dan media cetak (koran, buku antologi, buku pribadi dan sejenisnya)
- Tidak mengandung SARA dan ujaran kebencian
- Dikirim dalam bentuk Microsoft Word
- Ditulis dengan huruf Times New Roman (ukuran 12) dan maksimal sepuluh halaman (A4 spasi 1.5).
- Tulisan dikirim melalui pos-el: aali598@aucklanduni.ac.nz
dengan judul 'jenis karya_Bacabata_judul karya_nama penulis' (hal ini juga berlaku untu nama fail yang dilampirkan).
- Jangan lupa lampirkan biodata yang memuat nomor rekening
- Follow akun Instagram @bataraisra dan subscribe akun Youtube Batara Al Isra

Karya yang masuk akan kami seleksi dan kurasi dengan baik dari segi konten dan teknik penulisan yang sesuai PUEBI sehingga tulisan yang terbit terjaga kualitasnya. Kami tidak ingin menerbitkan karya dengan kualitas buruk dan abal-abal demi kredibilitas web ini.

Selain itu, untuk keberlangsungan web ini, kami juga membuka kesempatan kolaborasi, beriklan, atau promosi produk jika teman-teman tertarik. Jika ada dermawan yang bersedia menjadi donatur atau ingin sama-sama membangun web ini agar jadi lebih baik, kami terbuka untuk diskusi dan bisa menghubungi kami lewat pos-el: andi.batara.al.isra@gmail.com.

Di Balik Nama Bacabata.com

Mengapa namanya Baca Bata? Ada dua alasan. Pertama, kata bacabata merupakan singkatan (semacam permainan kata) dari 'bacABaTa' yang jika dipenggal jadi 'baca A Ba Ta', yakni cara baca huruf awal dalam aksara Arab hijaiyah (Alif Ba Ta). Maknanya, manusia selalu dianjurkan untuk terus membaca dan mendaras ilmu kapan pun dan dimana pun selama ia mampu. Pemilihan aksara Arab hijaiyah tidak lepas dari akar agama dan budaya mayoritas masyarakat Indonesia (dan juga inisiator web ini).

Dalam Islam, ada anjuran untuk terus belajar (kata pertama yang turun sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad adalah iqra atau baca!), sehingga, aksara Arab hijaiyah begitu erat dengan ikon anjuran untuk terus menimba ilmu. Oleh karena itu, web ini diharapkan mampu menjadi media dialektik antara penyaluran ilmu (kepada pembaca) dan sarana belajar bagi penulis (baik yang karyanya diterbitkan mau pun tidak)

Alasan kedua, web ini awalnya web pribadi milik Andi Batara Al Isra, biasa dipanggil Bata, yang menampung tulisan-tulisan pribadinya. Bata sendiri adalah ayah muda dari dua orang anak yang berusaha menjadi penulis dan peneliti (sekarang sedang studi pascasarjana di University of Auckland jurusan antropologi dengan bantuan beasiswa LPDP). Selain kuliah, Bata aktif di beberapa komunitas kepenulisan. Jadi, Baca Bata juga bisa berarti membaca Batara, sebab seseorang bisa tergambar dari karya-karya yang ia hasilkan.

Salam,

Tim Bacabata.com

Komentar

Posting Komentar